LATAR BELAKANG BERDIRINYA PANSOPHIA


Sejarah berdirinya Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata-Perhotelan (PPLP) Pansophia tidak terlepas dari Sejarah Pendidikan vokasi di Indonesia, yang merupakan bagian integral dari model dual education yang diterapkan di Indonesia dan pada masa selanjutnya dikenal dengan pendidikan sistem ganda (PSG).
            Pada awal 1980-an, seiring booming dunia pariwisata di Bali, kebutuhan terhadap tenaga terampil bidang perhotelan sangat banyak. Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) Bali sebagai satu-satunya penyelenggara pendidikan keterampilan pariwisata-perhotelan yang pendirianya dimotori oleh Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi secara kuantitatif sangat tidak mungkin memasok tenaga terampil bidang perhotelan sebanyak yang dibutuhkan industri. Sementara pada sisi lain, lulusan Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) sangat melimpah namun mereka tidak memiliki keterampilan memadai untuk bisa akses ke industri.
            Paradok inilah yang menginpirasi kami para sarjana baru yang belum memproleh pekerjaan, untuk mencoba mengasah entrepreneurship skill kami, dan kemudian bermodalkan idealisme dan bekal kesarjanaan, pada tanggal 19 Agustus 1989 mendirikan sebuah lembaga pendidikan tingkat setara satu tahun yang difokuskan pada percetakan tenaga terampil bidang pariwisata-perhotelan.
            Lembaga pendidikan dan latihan ini dikemas dengan nama: Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata-Perhotelan (PPLP PANSOPHIA), yang kini beralamat di Jalan Pantai Asri No. 10 Singaraja, Telp. (0362) 29488 Fax. (0362) 31055. Sesuai ketentuan perundangan di bidang pendidikan, maka waktu setahun awal ini dilakukan berbagai persiapan administrasi kelembagaan seperti: pendirian badan hukum (yayasan), ijin operasional, pembakuan struktur organisasi, penulisan fortofolio aktivitas dan kinerja tahun pertama. Setelah proses persiapan administrasi kelembagaan ini rampung, maka dilakukan anjangsana kepada Pemerintah Daerah Kabupaten untuk melakukan presentasi kelembagaan dalam rangka memperoleh peresmian Institusi. Hasil dari proses panjang ini, adalah Peresmian PPLP Pansophia oleh Bupati Buleleng (Yth. Bapak Drs. Ketut Ginantra) yang dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 1990 bertempat di Gedung sasana Budaya Singaraja.
            Peresmian ini menjadi tonggak juridis formal berdirinya Institusi pendidikan professional di Singaraja dengan nama PPLP Pansophia, yang berkibar dibawah tanggung jawab Yayasan Bina Citra Mandiri. Status legal penyelenggaraan pendidikan diberikan untuk pertama kali oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali Nomor: 577 J/I.19/L 5.90, tanggal 8 Februari 1990, dengan masa berlaku selama 4 tahun sedangkan ijin terakhir dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng Nomor : 421. 9/1793/DISDIC berlaku sampai dengan 28 April 2012. Saat ini PPLP Pansophia juga telah terdaftar di Dirjen PAUDNI Dengan Nomor Induk Kelembagaan(NILEK):22101.4.10005.41/45/64 dan dengan status kinerja lembaga bernilai B.

Komentar

Postingan Populer